MENINGKATKAN HASILBELAJAR
PKn
PADA SISWA KELAS VI SDN
SUKABUMI SELATAN 06 PAGI
MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF
LEARNING
ABSTRAK
Kata Kunci : Kooperatif Learning, PKn.
Penelitian
Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan
menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning.
Penelitian
dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi Kebon Jeruk Jakarta Barat dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek
penerima tindakan adalah 43
siswa kelas VI.
Penelitian
ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil
evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa
baru mencapai 52%,sedangkan siklus yang kedua mencapai 76 % dan pada siklius ke
tiga mencapai 100 % sedangkan prosentase keaktifan siswa pada siklus pertama 51.11%
,siklus kedua 68.44 % dan siklus ketiga 88.44%.
Secara
statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, kedua dan
ketiga sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Dari
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan Kooperatif Learning
dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi ajar ASEAN di SDN Sukabumi
Selatan 06 Pagi Jakarta Barat.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Selama ini
proses pembelajaran PKn di kelas
VI kebanyakan masih mengunakan metode ceramah dimana guru memberikan
pengetahuan kepada siswa yang duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Sehingga
Kegiatan Belajar Mengajar menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi
seperti itu tidak akan meningkatkan
kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PKn. Akibatnya nilai akhir yang
dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di kelas VI selama ini siswanya
masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab, hasil yang dicapai siswa kelas VI sangat jauh dari memuaskan, dimana hanya
mendapat daya serap kurang dari
berdasarkan analisis situasi/latar belakang diatas maka penulis
berkeinginan untuk memperbaiki/mengadakan inovasi pembelajaran.
Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai
peran yang sangat penting. Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk
siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi
permasalahan yang akan dihadapi.
Memperhatikan permasalahan diatas, sudah
selayaknya dalam pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam
pembelajaran yang terjadi sebagian besar
dilakukan oleh masing-masing siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan
peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran kooperatif. Pembelajaran
kooperatif merupakan suatu pendekatan pengajaran yang efektif dalam pencapaian
tujuan pendidikan ,khususnya dalam Keterampiln Interpersonal siswa. Diharapkan
melalui pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Serta semangat
kebersamaan dan saling membantu dalam
menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman yang optimal terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah
tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor
yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas. Dengan
merefleksi bersama antar guru teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab
masalah tersebut, yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru
PKn masih konvensional, dominasi guru dalam kelas dominan
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka masalah pada Penelitian Tindakan Kelas
ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
- Hasil
belajar Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi masih rendah
- Pembelajaran
PKn masih menggunakan metode yang kurang bervariasi
- Strategi
pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional
- Pendekatan
pembelajaran dengan metode ceramah yang tidak efektif
C.
Pembatasan
dan perumusan Masalah
Masalah dalam PTK ini dibatasi pada rendahnya hasil belajar PKn siswa pada
materi ajar ASEAN di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi.
Adapun rumusan masalahnya adalah Apakah pembelajaran menggunakan metode
pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi ajar ASEAN
di kelas VI SD Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi ?
D.
Tujuan
Penelitian
Tujuan PTK ini adalah untuk memperbaiki peningkatan hasil belajar pada mata Pelajaran PKn dengan mengubah
strategi pembelajaran yaitu dengan Kooperatif Learning
E.
Hipotresis
Tindakan
Pembelajaran menggunakan Kooperatif Learning akan
meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan
06 Pagi.
F.
Manfaat
hasil Penelitian
Hasil Penelitian ini akan bermanfaat bagi guru
bidang studi PKn untuk:
- Memperbaiki
proses belajar mengajar dalam pelajaran PKn di Sekolah Dasar
- Mengembangkan
kualitas guru dalam mengajarkan Pedidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.
- Memberikan
alterntif kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
- Menciptakan
rasa senang belajar Pendidikan Kewarganegaraan selama pelajaran berlangsung
- Siswa
semakin termotivasi untuk meningkat pemahaman mata pelajaran PKn.
DAFTAR PUSTAKA
Abror, Abd Rachman. 1993. Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alwasilah, Chaedar . 2000. Perspektif Pendidikan bahasa Inggris di
Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Hamalik, Oemar . 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi
aksara.
Hilgard & Bower.1975. Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi
Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di kalangan Murid
terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP Yogyakarta.
Sujana, Nana . .2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.
Surakhmad, Winarno .1979.Metodologi Pengajaran Nnasional.
Jakarta:Jemmers.
Untuk
mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi :
08572
8000 963
1 komentar:
Terima kasih, artikel tentang Penelitian Tindakan Kelas ini sangat membantu
Posting Komentar