PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI
MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA
GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SUMBERAJI II KECAMATAN KABUH
KABUPATEN JOMBANG
ABSTRAK
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial
Permasalahan pendidikan
siswa selalu muncul bersamaan
dengan
berkembang dan meningkatnya
kemampuan siswa serta situasi dan kondisi
lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di
SD dan cara pendekatan
konvensional sudah dianggap tidak efektif serta
menimbulkan kejenuhan di dalam
kelas. Oleh karenanya
guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan
pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
merupakan sarana termudah
untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi
pengelolaan pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat
otoriter menjadi fasilitator menambah
kegiatan pembelajaran ego-
involvement menjadi task improvement,
sehingga proses pembelajaran
menjadi lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat siswa untuk belajar
menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya dan
(c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan
belajar mengajar dengan menggunakan media
konkrit, keaktifan dan ketrampilan siswa dapat dimunculkan dalam
pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit
terbukti signifikan (1) meningkatkan
prestasi belajar (2) peningkatan
aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan
siswa dalam pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Hernawan, Asep
H, dkk.
(2006). Pengembangan
Kurikulum dan
Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka
Mikarsa, Hera Lestari,
dkk. (2005) Pendidikan
Anak di SD, Jakarta:
Universitas Terbuka
Saidihardjo, (2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial 5 untuk Kelas 5 SD dan MI. Solo : Wangsa Jatra Lestari
Sumantri, Mulyani. (1999). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD
Wardani, I.G.A.K;
Wihardit, K;
& Nasoetion, N. (2003).
Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas
Terbuka
Winataputra, Udin S,
dkk,(2005), Materi dan Pembelajaran
IPS SD.
Jakarta: Universitas Terbuka
Asmawi, Zainul, dan Maulana,Agus (2005).
Tes dan Assessment di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Untuk
mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi :
08572
8000 963
0 komentar:
Posting Komentar