Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Sabtu, 22 Juni 2013

TE 002: Merancang Program Aplikasi Untuk Layanan Informasi Akademik Via SMS Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0

Merancang Program Aplikasi Untuk Layanan Informasi Akademik Via SMS Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0

ABSTRAKSI

Dalam dunia pendidikan, layanan informasi yang dapat langsung diakses oleh para sivitasnya tentu sangat diperlukan. Saat ini ponsel merupakan fasilitas komunikasi yang cukup penting dan telah mewabah bagi sebagian sivitas kampus. Layanan informasi yang dapat langsung diakses oleh para sivitasnya tentu akan memberi dampak yang sangat positif bagi lembaga pendidikan di tengah kompetisi yang ketat dewasa ini.
Penciptaan sistem layanan informasi akademik via SMS ini digunakan untuk memperoleh informasi akademik melalui query terhadap database yang telah tersedia. Informasi-informasi yang dapat diakses adalah informasi mengenai Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Pengumuman, dan Nilai. Adapun bahasa yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem layanan informasi akademik via SMS ini adalah bahasa Visual Basic 6.0 yang memiliki kemampuan sebagai bahasa pemrograman berorientasi object. Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang mudah digunakan untuk pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi kecil maupun aplikasi besar. Dengan banyaknya komponen kontrol yang disediakan oleh Visual Basic 6.0, membuat para programmer dan pengembang aplikasi lebih mudah dalam pembuatan aplikasi.

Bagi sivitas pengguna, tentu saja sistem layanan informasi via SMS ini memberi kemudahan untuk mendapatkan dengan cepat informasi-informasi pokok yang diperlukan dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar yang dijalaninya. Apalagi fasilitas layanan ini dapat diakses secara fleksibel melalui peralatan yang telah dimilikinya. Mobilitas pengguna tidak lagi menjadi suatu hambatan untuk mendapatkan informasi-informasi yang dapat menunjang manajemen diri selama mengikuti proses akademiknya. Di samping itu masyarakat umum juga dapat ikut memetik keuntungan dari penciptaan sistem layanan informasi akademik ini. Khususnya bagi orang tua atau pihak penyandang dana bagi peserta didik, dapat memperoleh informasi-informasi yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Di masa depan, masyarakat akan lebih bergantung pada teknologi. Oleh karena itu, eksplorasi teknologi tentu saja akan semakin dibutuhkan agar pemanfaatan teknologi dapat lebih optimal.


DAFTAR PUSTAKA


Adiwicaksono. 2003. “Memanfaatkan SMS Untuk Urusan Bisnis”. Info Komputer, No. 11, 170-171.
Alexander Mangkulo Hengky. 2004. Belajar Sendiri Aplikasi Database Menggunakan ADO VB 6 dan SQL Server 2000. PT. Elex Media Komputinda Jakarta.
Budicahyanto Dwi. 2004. Membangun Aplikasi Handphone dengan MobileBUS dan Visual Basic. ANDI. Yogyakarta.
Gunawan Ferry. 2003. Membuat Aplikasi SMS Gateway Sever dan Client dengan Java dan PHP. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Halvorson Michael. 2000. Microsoft Visual Basic 6.0 Professional, Step by Step. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Isroi dan Arief Ramadhan. 2004. Seri Pelajaran Komputer Microsoft Visual Basic 6.0. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Khang Bustam. 2002. Trik Pemrograman Aplikasi Berbasis SMS. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Kurniawan Tjandra. 2003. Tip Trik Unik Visual Basic. PT. Elex Media Komputindo.         Jakarta.
Pembuatan Program Sistem Informasi Akademik Berbasis ASP. Salemba Infotek. Jakarta. 2003.
Suryo Kusumo Ario. 2002. Buku Latihan Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0. PT. Elex Media Komputinda Jakarta.
www.iec.org/tutotiaUwiresins, akses tanggal 13 Februari 2004.
www.IlmuKomputer.com, akses tanggal 15 April 2004.
www.winsms.com,akses tanggal 10 Desember 2003.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 08572 8000 963



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites