Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Selasa, 01 November 2011

PTK SMP 164 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 101 JAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2006/2007
 ABSTRAK

 Pada  proses  belajar  mengajar,  sangat  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar siswa.   Di   SMP   N   101 Jakarta,   masih   banyak   siswa   kelas   VII   yang mengalami  kesulitan  dalam belajar  matematika  terutama  pada  materi  pokok  Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata yang   dicapai   kelas   VII   pada   pokok   bahasan  tersebut  pada  tahun  pelajaran 2004/2005 dan 2005/2006 berturut-turut 5,5 dan 5,85. Atas pertimbangan di atas, maka  diterapkan  model  pembelajaran  Cooperative  Learning  tipe  STAD  yang mana  dapat  memberikan  suasana  yang  lain  dalam  kelas  sehingga  hasil  belajar dapat ditingkatkan.
Permasalahan  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  melalui implementasi   model pembelajaran   Cooperative   Learning   tipe   STAD   dapat meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  kelas  VII-1  SMP  N  101 Jakarta tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksanakan dalam 2 siklus, yang  setiap  siklus  terdiri  atas  tahap  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi, refleksi, dan tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa.  Untuk  memperoleh  data  tentang hasil  belajar  siswa  diambil  dari  data  hasil  tes  Siklus 1 dan Siklus 2. Sedangkan data  pada  proses  pembelajaran  guru  dan  keaktifan  siswa  diambil  dari  lembar observasi pengamatan pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika 85% dari jumlah siswa   mendapat nilai minimal 60 dan keaktifan pembelajaran siswa dalam kelas baik dengan skor rata-rata 2,5 < skor aktif < 3,25. Hasil  penelitian  pada  siklus  1  dan  siklus  2  diperoleh  jumlah  siswa  yang mendapat nilai minimal 60 pada aspek pemahaman konsep 87,5% pada siklus 1 dan  92%  pada  siklus  2,  aspek  penalaran  konsep  82,5%  pada  siklus  1  dan  87% pada siklus 2, aspek pemecahan masalah 80% pada siklus 1 dan 87% pada siklus =2. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada siklus 1 2,29  dan  pada  siklus  2  diperoleh  2,98.  Hasil  pengamatan  kooperatif  untuk  guru pada siklus 1 skor rata-rata 2,5 dan 3,0 pada siklus 2.
Simpulan   dalam   penelitian   ini   bahwa   dengan   menggunakan   model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP N 101 Jakarta tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok  Persamaan  dan  Pertidaksamaan  Linier  Satu  Variabel.  Saran  yang  dapat diajukan  adalah  model  pembelajaran  Cooperative  Learning  tipe  STAD  perlu dilaksanakan oleh guru SMP N 101 Jakarta untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
  
BAB I
PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengemban tugas yang   sangat   berat,   yaitu   membentuk   individu-individu   agar   mempunyai wawasan  dan  pengetahuan  luas  serta  keahlian  sesuai  dengan  kebutuhan zaman.  Sehingga  harapan  masyarakat  untuk  memiliki  sumber  daya  manusia yang berkualitas dan berkuantitas dapat terpenuhi.
Matematika sebagai salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah, yang merupakan pelajaran penentu kelulusan sekolah, menurut peraturan pemerintah saat ini. Untuk itu, kelulusan siswa dengan hasil yang kurang atau dengan nilai pas-pasan merupakan suatu kendala yang harus dicermati untuk dicarikan  solusinya.  Mata  pelajaran  matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2.      Menggunakan   penalaran   pada   pola   dan   sifat,   melakukan   manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.      Memecahkan   masalah   yang   meliputi   kemampuan   memahami   masalah, merancang  model  maematika,  menyelesaikan  model  dan  menafsirkan  solusi yang diperoleh.
4.      Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjalas keadaan atau masalah.
5.       Memiliki  sikap  menghargai  kegunaan  matematika  dalam  kehidupan,  yaitu memiliki  rasa  ingin  tahu,  perhatian,  minat,  dalam  mempelajari  matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Tujuan  pembelajaran  matematika  tersebut  di  atas  harus  dapat  dicapai. Untuk  dapat  mencapai  tujuan  tersebut,  peranan  guru  dalam  memberikan  materi pelajaran  sangatlah  besar.  Aspek-aspek  yang  dominan  dalam  kegiatan  belajar mengajar   adalah   guru   dan   siswa.   Guru   dalam   mengajar   diharapkan   dapat menciptakan  suatu  kondisi  yang  memungkinkan  siswa  dapat  melakukan  proses belajar mengajar sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Untuk itu, guru harus dapat menentukan posisi dan perannya dalam proses belajar mengajar seoptimal mungkin.
Proses  pembelajaran  matematika  seperti  latihan  soal,  menghafal,  dan ulangan  secara  memadai  akan  lebih  efektif  apabila  dapat  mendorong  kreativitas siswa  dengan  menanamkan  pengertian  dan  prinsip-prinsip  serta  konsep  melalui kegiatan pembelajaran tersebut. Pembelajaran matematika di SMP hendaknya ada relevansi dengan kehidupan sehari-hari agar mereka mampu menerapkan ilmunya dan apa yang diperoleh di sekolah dapat diingat dan dipahami. Sebelum mengajar guru hendaknya menyiapkan materi secara berencana.
Dari  pengalaman  mengajar  guru-guru  matemetika  SMP  N  1  Mejobo Kudus selama ini, setiap selesai mengajar satu materi pokok, banyak siswa yang mendapat hasil evaluasi kurang dari batas tuntas yang ditetapkan. Terutama yang berkaitan   dengan   aljabar,   khususnya   materi   yang   diajarkan   pada   kelas   VII semester I yaitu pada materi pokok “Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel”.  Keluhan  dari  beberapa  siswa  tentang  kekurangtuntasan  hasil  belajar disebabkan  karena  materi  sulit,  kurang  latihan  soal,  tidak  konsentrasi  dalam menerima  pelajaran,  proses  belajar  mengajar  kurang  optimal,  suasana  kelas kurang mendukung, dan penyajian materi kurang menarik.
Cooperative Learning dalam matematika akaa dapat membantu meningkatkan   sikap   positif   siswa   dalam   belajar  matematika. Siswa   secara Individu  akan  membangun  kepercayaan  diri  terhadap  kemampuan  dalam menyelesaikan   masalah-masalah   matematika.   Sehingga   akan   mengurangi bahkan menghilangkan asa cemas terhadap matematika.  Cooperative Learning  juga  terbukti  sangat  bermanfaat  bagi  para  siswa  yang  heterogen. Dengan  menonjolkan  interaksi  dalam  kelompok,  model  belajar  ini  dapat membantu  siswa  mampu  menerima  siswa  lain  yang  berkemampuan  dan berlatar   belakang   berbeda.(Suherman,dkk.2003:259).   Adanya   kompetensi antar kelompok belajar juga dapat menumbuhkan motivasi belajar para siswa, yang  nantinya  akan  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar  dalam  kelompoknya dan timbul keberanian siswa untuk bertanya.
Berdasarkan uraian di atas,  peneliti mencoba menggunakan pembelajaran dengan melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division).

B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  permasalahan  dalam  penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut.
 “Apakah   melalui implementasi   model  pembelajaran   Cooperative Learning  tipe  STAD  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel?

C.    TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar  siswa  pada  kelas  VIIA  SMP  Negeri 1 Mejobo  Kudus tahun Pelajaran   2006/2007   pada   materi   pokok   Persamaan   dan   Pertidaksamaan Linear Satu Variabel melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.

D.    MANFAAT PENELITIAN
Penelitian  tindakan  kelas  ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat yang besar kepada :
1.      Siswa
Hasil  penelitian  diharapkan  bermanfaat  untuk  siswa  yaitu  hasil     belajar siswa  kelas  VIIA  SMP  N  1  Mejobo  Kudus  meningkat  khususnya  dalam materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
2.      Guru
Hasil  penelitian  bermanfaat  untuk  guru  yaitu  sebagai  upaya   menunjang program pemerintah pusat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
3.      Sekolah
Hasil  penelitian  diharapkan  dapat  meningkatkan  persentasi  ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
  
 Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 08572 8000 963

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites