Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Selasa, 01 November 2011

PTK SMP 165 MENINGKATKAN HASIL ULANGAN HARIAN IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS IX SMP



MENINGKATKAN HASIL ULANGAN HARIAN IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2008/2009 DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

ABSTRAK

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pengambilan keputusan, dengan dilakukannya penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan bahwa meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 dapat dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw.
Penelitian ini rnenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Populasi penelitian ini yang sekaligus sebagai subjek penelitian diambil dari semua siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 38 orang. Pelaksanaan setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, dan pengolahan data. Sebagai variabel bebas adalah penerapan model pembelajaran Jigsaw dan sebagai variabel terikat adalah hasil ulangan harian IPA-Fisika. Untuk mengumpulkan data aktivitas dalam penerapan model pembelajaran Jigsaw digunakan teknik observasi dan data ulangan harian IPA-Fisika digunakan teknik tes. Teknik analisis data penelitian hasil ulangan harian IPA-Fisika digunakan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika.
        Sesuai dengan anaJisis data peneJitian prestasi belajar IPA-Fisika diperoleh hasil sebagai berikut: setelah siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 10,53% ; setelah siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 13,16% ; dan setelah siklus III terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 18,42%. Oleh karena itu, selama pelaksanaan ketiga siklus penelitian ini telah terjadi menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA-Fisika atau ketuntasan belajar klasikal IPA-Fisika. Penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009" diterima.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
                     Untuk mencerdaskan bangsa Indonesia sebagai modal dasar pelaksanaan pembanguan di segala bidang diperlukan adanya pengelolaan pendidikan yang beroirentasi pada kesempatan siswa menempuh pendidikan dan memperoleh bekal keilmuan secara kerja sama antar sesama siswa. Hal tersebut dikarenakan pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
                     Melalui kegiatan kerja sama yang terjadi dengan memfokuskan keaktitan siswa selama menempuh pendidikan dengan pembelajaran yang diadakan, diharapkan pada diri siswa akan tertanam motivasi untuk selalu berusaha tampil lebih baik dari sebelumnya dan lebih baik dari siswa lainnya sebagai unjuk keberhasilan yang semakin baik.
                     Kenyataan yang dijumpai di lapangan, penyelenggaraan pendidikan untuk beberapa mata pelajaran masih ada yang disajikan oleh guru di kelas belum mencerminkan adanya pengajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Hal ini disebabkan karena guru masih mendominasi pembelajaran sehingga seakan-akan guru merupakan satu-satunya sumber pengetahuan dan keterampilan yang akan disampaikan kepada siswa. Sementara siswa sebagai subjek didik masih terlalu pasif dalam menerima pelajaran karena hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Siswa belum diberi kesempatan untuk belajar secara aktif sesuai dengan taraf perkembangan mereka. Akibatnya pada akhir pembelajaran prestasi belajar yang diperolehnya masih di bawah batas ketuntasan belajar. Apabila hal ini diteruskan sampai akhir belajar mereka, maka pengetahuan, keterampilan, sikap yang diperoleh selama pendidikan dapat meragukan untuk bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan diterapkan di dalam kchidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
              Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran Jigsaw menitikberatkan pada sikap kerja sama antar siswa dalam kelompoknya masing-masing. Model pembelajaran Jigsaw merupakan salah satu variasi dari model pembelajaran kooperatif. Menurut Wartono (2004:18) "Penerapan model pembelajaran Jigsaw adalah siswa dibagi berkelompok dengan anggota kelompok 5-6 orang secara heterogen. Materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sub bab".
     Sebagai implementasi model pembelajaran Jigsaw tersebut, dalam penelitian ini akan dilaksanakan untuk mata pelajaran IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009. Setelah siswa kelas IX meiaksanakan penerapan model pembelajaran Jigsaw^ diharapkan mereka secara bertahap dapat memperoleh prestasi belajar IPA-Fisika sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
     Dengan memperhatikan uraian latar belakang tersebut di atas, maka akan diadakan suatu penelitian yang berorientasi pada keaktifan siswa selama pembelajaran dengan judul "Meningkatkan Hasil Ulangan Harian IPA-Fisika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw.

B. Pembatasan Masalah
              Penelitian ini dapat berjalan lancar untuk mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan apabila ada pembatasan masalah penelitian yang jelas. Oleh karena itu, dalam bagian ini akan dikemukakan tentang pembatasan masalah penelitian, antara lain:
       1.    Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009.
       2.    Sebagai tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penerapan model  pembelajaran Jigsaw  untuk mendukung  pencapaian  tujuan mata pelajaran IPA-Fisika yaitu meningkatkan ulangan harian IPA-Fisika sehingga dapat mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

C. Rumusan Masalah
     Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
     Apakah meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 dapat dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw!

D. Cara Mengatasi Masalah
     Untuk mengatasi masalah sesuai dengan penimusan masalah tersebut di atas, dapat dilakukan dengan cam sebagai berikut:
       1.    Selama pembelajaran kepada siswa diberi kesempatan untuk secara aktif terlibat dalam pembelajaran Jigsaw sehingga siswa secara real akan mengetahui bahwa keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh kemampuan masing-masing individu dalam kelompoknya masing-masing.
       2.    Penerapan model pembelajaran Jigsaw diterapkan dalam sal ah satu mata pelajaran di SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali yaitu mata pelajaran IPA-Fisika dengan mengoptimalkan media pembelajaran yang telah tersedia,
       3.    Setiap akhir pembelajaran untuk masing-masing kompetensi dasar, kepada siswa diberikan uji kompetensi untuk mengetahui pencapaian hasil ulangan harian jika disesuaikan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan pembelajaran IPA-Fisika di sekolah tersebut.

E.   Tujuan Penelitian
              Berpedoman pada keberhasilan pengumpulan data untuk pengambilan keputusan, dengan dilakukannya penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan bahwa meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 dapat dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw.

F.    Manfaat Peneiitian
              Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini ada dua yaitu manfaat teoretis dan manfaat praktis. Penjelasan masing-masing jenis manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
       1.    Manfaat Teoretis
                     Manfaat teoretis yang diharapkan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah:
              a.    Sebagai   sumbangan  pemikiran  bagi   lembaga  pendidikan  menengah pertama untuk  memajukan dan mengembangkan  strategi  dan model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa.
              b.    Sebagai bahan informasi bagi mereka yang akan mengadakan penelitian lebih   lanjut   tentang   penerapan   model   pembelajaran  Jigsaw untuk membantu siswa memperoleh prestasi belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal,
              c.    Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi guna meningkatkan mutu pendidikan yaitu dalam peningkatan prestasi belajar siswa.
       2.    Manfaat Praktis
                     Manfaat praktis yang diharapkan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah:
              a.    Memberikan masukan kepada praktisi pendidikan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menunjukkan pemusatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
              b.    Memberikan masukan kepada pengelola pendidikan untuk lebih selektif terhadap pengambilan keputusan dalam menerapkan model pembelajaran Jigsaw yang berorientasi pada peningkatan keaktifan siswa.
              c.    Memberikan pengalaman yang berharga pada siswa bahwa keaktifan dalam model pembelajaran Jigsaw sangat menentukan keberhasilan mereka untuk memperoleh prestasi belajar menuju batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KJCM).
              d.    Memberi pengalaman yang real kepada siswa bahwa model pembelajaran kooperatif khusuunya Jigsaw memerlukan partisipasi aktif dari setiap anggota kelompok dalam mengambil keputusan akhir yang dapat diterima dan sesuai dengan kaidah bidang keilmuan yang berhubungan dengan IPA-Fisika.
 
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 08572 8000 963

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites