Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Sabtu, 19 Maret 2011

Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika ........

ABSTRAK


Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Matriks Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Kelompok Belajar Model Jigsaw Siswa Kelas XII A.1 SMA ……………..”

Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMA ....................... 2. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMAN ...............o.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN ..................o. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007 s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN ..................... pada kelas XII A.1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas:

Pada pra siklus sebanyak 25 siswa atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa atau 37,5% tuntas. Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 34 siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan 85% > 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode kooperatif model Jigsaw telah berhasil. Sehingga hipotesis yang mengatakan : 1. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri ..............., terbukti kebenarannya. Dan 2. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA .........................., terbukti kebenarannya.

Untuk mendapatkan file lengkap (doc / pdf) hubungi : 085728000963

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites