Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Selasa, 29 Maret 2011

PKP 002 Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilang 1 Materi Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Melalui Metode Kerja Kelompok Tahun 2010

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Salah satu tolok ukur keberhasilan guru adalah bila dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat tergantung dengan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar.

Keberhasilan pembelajaran pada umumnya adalah meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SD Negeri Pilang 1 untuk beberapa kompetensi dasar umumnya menunjukkan nilai yang rendah. Hal ini standar kompetensi dan kompetensi dasar IPS kelas IV memang sarat akan materi, disamping cakupannya luas dan perlu hafalan. Jika dilihat dari hasil ulangan harian sebagaian besar masih dibawah kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 62 dari 27 siswa hanya 66,7% (18 siswa) yang sudah memenuhi KKM, sedangkan 33,3% (9 siswa), belum memenuhi KKM.

Rendahnya prestasi belajar IPS di kelas IV SD Negeri Pilang 1, Jantaran, Pilang, Masaran, Sragen dimungkinkan juga karena guru belum menggunakan model pembelajaran serta mendesain skenario pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi maupun kondisi siswa sehingga memungkinkan siswa aktif dan kreatif. Namun sebaliknya kecenderungan guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang bersifat satu arah, cenderung kering dan membosankan. Kegiatan pembelajaran masih didominasi guru. Siswa sebagai obyek bukan subyek bahkan guru cenderung membatasi partisipasi dan kreatifitas siswa selama proses pembelajaran. Kenyataan selama ini kegiatan belajar mengajar masih didominasi guru yaitu kegiatan satu arah dimana penuangan informasi dari guru ke siswa dan hanya dilaksanakan dan berlangsung di sekolah, sehingga hasil yang dicapai siswa hanya mampu menghafal fakta, konsep, prinsip hukum-hukum, teori hanya pada tingkat ingatan.

Bertumpu pada kenyataan tersebut untuk merangsang dan meningkatkan peran aktif siswa baik secara individual dan kelompok terhadap proses pembelajara IPS maka masalah ini harus dicari model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan, salah satu diantaranya adalah Model Kerja Kelompok. Dengan pembelajaran kerja kelompok diharapkan siswa dapat menggali dan menemukan pokok materi bersama-sama dalam kelompok atau secara individu.

Penerapan model kerja kelompok merupakan tindakan alternatif yang kiranya dapat meningkatkan keaktifan siswa. Oleh karena itu penulis mengambil judul Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilang 1 Materi Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Melalui Metode Kerja Kelompok Tahun 2010.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka permaslahan pembelajaran IPS ini adalah, sebagai berikut :

1. Bagaimana membuat siswa berani mengerjakan soal sendiri?

2. Bagaimana siswa mampu menerima materi dengan baik?

3. Metode apa yang tepat untuk materi ini?

C. Tujuan Perbaikan

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Untuk meningkatkan respon dan keatifan siswa pada pelajaran IPS.

2. Agar siswa memiliki daya serap seperti yang telah ditetapkan.

3. Untuk mengetahui penggunaan metode dalam meningkatkan respon dan keaktifan siswa pada pelajaran IPS.

D. Manfaat Perbaikan

Hasil penelitian diharapkan dapat berguna sebagai bukti dalam bidang pengajaran, bahwa prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor pembelajaran dengan menggunakan metode dalam proses belajar mengajar.

Dengan demikian dapat memberikan sumbangan, pandangan dan masukan untuk mengemukakan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang pengajaran IPS.

DAFTAR PUSTAKA

Andayani, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani dan Winadi, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Syamsudin Abin, dkk. 2003. Profesional Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.

IGAK Wardhani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Modul 1-6. Jakarta : Universitas Terbuka.

Errawati, Imtam Rus, dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial kelas I-VI. Klaten : Cempaka Putih.

Irawan Sadad Sadiman, Shendy Amalia. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.

Untuk mendapatkan file PKP lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8000 963

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites