Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN xxx
ABSTRAK
Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN XXX
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas. Oleh karenanya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator menambah kegiatan pembelajaran ego- involvement menjadi task improvement, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media konkrit, keaktifan dan ketrampilan siswa dapat dimunculkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti signifikan (1) meningkatkan prestasi belajar (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Hernawan, Asep H, dkk. (2006). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005) Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Saidihardjo, (2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial 5 untuk Kelas 5 SD dan MI. Solo : Wangsa Jatra Lestari
Sumantri, Mulyani. (1999). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Depdikbud Dirjen
Dikti Proyek PGSD
Wardani, I.G.A.K; Wihardit, K; & Nasoetion, N. (2003). Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka
Winataputra, Udin S, dkk,(2005), Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Asmawi, Zainul, dan Maulana,Agus (2005). Tes dan Assessment di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis /
PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 08572 8000 963
0 komentar:
Posting Komentar