MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
INDUKTIF
PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 101 JAKARTA
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2007/2008
ABSTRAK
Meningkatkan
Hasil Belajar IPS Sejarah Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Induktif Pada
Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
Pembelajaran
sejarah dengan menerapkan Pembelajaran dengan pendekatan induktif pada mata pelajaran sejarah dilatar belakangi
oleh permasalahan di kelas, bahwa guru kurang memiliki kemampuan penggunaan
metode, strategi, serta pendekatan pembelajaran yang bervariatif. mengajar yang
digunakan guru cenderung bersifat konvensional, monoton, dan berpusat pada guru.
Selain itu guru kurang mengembangkan model pembelajaran secara lebih menarik,
pembelajaran sejarah yang dilakukan kurang efektif. Di sisi lain faktor
motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang dalam belajar sejarah.
Alasan peneliti
menerapkan model pembelajaran induktif untuk
mengatasi rendahnya nilai sejarah pada siswa kelas IX-2, selain itu untuk memberi
kesempatan yang baik bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat secara lebih
terbuka dan siswa mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan skor terbaik.
Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas karena dilaksanakan tujuan
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di dalam kelas. Oleh karena itu
ini lebih dikenal dengan istilah Classroom Action Research. Penelitian ini diterapkan
di kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta. Data yang diperoleh dari kelas X-2 ini dan
dianalisis tingkat permasalahannya agar kondisi yang terjadi pada kelas ini bisa lebih baik dibandingkan dengan
kondisi sebelumnya.
Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan
pembelajaran dengan pendekatan induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran sejarah di kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta. Peningkatan
rata-rata hasil belajar sebesar 11,0 yaitu dari 58,08 pada siklus I meningkat
menjadi 60,10 pada siklus II, sedangkan untuk ketuntasan belajar terjadi
peningkatan sebesar 33,34% yaitu dari 51,28% (siklus I) meningkat menjadi
84,62% (siklus II).
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pada
daftar pencapaian daya serap tiga tahun pelajaran terakhir pada siswa Kelas X-2
SMAN 101 Jakarta di bawah ini menunjukkan bahwa hasil belajar Sejarah yang diperoleh di siswa masih rendah.
Berdasarkan hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa
tersebut dapat disebabkan berbagai macam faktor yang terlibat langsung dalam
proses pembelajaran, diantaranya faktor guru, siswa, metode mengajar, sarana
dan prasarana pendidikan maupun materi pelajaran. Dari beberapa faktor
tersebut, faktor yang dianggap cukup berperan penting adalah materi pelajaran,
termasuk di dalamnya adalah banyak sedikitnya materi pelajaran, tingkat
kesulitan materi pelajaran, dan teknik atau pendekatan yang digunakan dalam
penyajian materi.
Berdasarkan pula dengan pengalaman penulis selama
mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta sebagian besar siswa kurang aktif pada saat
proses pembelajaran berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam materi pelajaran yang telah diberikan masih rendah. Hal ini
disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai tidak cocok dengan materi
pelajaran yang disajikan dan perkembangan intelektual anak.
Salah satu upaya mengatasi
kekurangmampuan siswa memahami materi pelajaran maka penulis merancang suatu
penelitian dengan menitik beratkan perhatian pada upaya peningkatan hasil
belajar sejarah siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan induktif.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
pengamatan penulis selama ini dalam proses pembelajaran sejarah di kelas,
sebagian besar siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Oleh karena itu kemampuan siswa memahami pelajaran sejarah masih rendah
sehingga hasil belajar yang diperoleh pun juga dipastikan akan rendah.
Dengan
mengacu pada masalah tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran
dengan pendekatan induktif dalam upaya peningkatan hasil belajar sejarah siswa
Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
C. Pembatasan dan Rumusan Masalah
Penelitian dibatasi
pada ruang lingkup hasil belajar sejarah siswa kelas X-2 SMA Negeri 101
Jakarta. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pembelajaran dengan pendekatan
induktif dapat meningkatkan hasil pelajaran sejarah Siswa Kelas X-2 SMA Negeri
101 Jakarta?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
permasalahan di atas, maka tujuan penelitian tindakan ini adalah sebagai
berikut:
1. Mencari pendekatan yang efektif dalam pembelajaran
sejarah
2. Meningkatkan hasil belajar sejarah Siswa Kelas X-2 SMA
Negeri 101 Jakarta
3. Mengetahui kemampuan Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101
Jakarta dalam memahami materi sejarah yang disajikan melalui pendekatan
induktif.
E. Manfaat Hasil Penelitian
Hasil dan pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan manfaat yang berarti bagi :
a. Bagi guru: Melalui penelitian tindakan ini, guru dapat
mengetahui strategi penyelesaian yang sesuai dalam meningkatkan hasil belajar,
sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran yang disajikan.
b. Bagi siswa: dapat meningkatkan hasil belajarnya
melalui pendekatan induktif, serta pada membentuk pemahaman siswa dalam materi
sejarah, sehingga akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran selanjutnya.
4. Bagi Sekolah: Memberikan sumbangan yang berharga dalam
rangka memperbaiki pembelajaran khususnya pembelajaran IPS Sejarah di SMA
Negeri 101 Jakarta
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.2006. Pnelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, DS. 1994. Prestasi Belajar
dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993. Evaluasi dan Penilaian.
Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hijriah,
2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan
Induktif pada Siswa Kelas I SLTP Negeri 14 Makassar. Skrsejarahi. FMIPA
UNM Makassar.
Hudoyo, 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.
R.M. Yuwono, 1983. Strategi Belajar Mengajar Matematika Ujungpandang.
IKIP Ujungpandang.
Sardiman A.M, 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sutrisno Murthado. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis /
PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 085728000963
0 komentar:
Posting Komentar