Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Kamis, 13 Januari 2011

PTS 004 Upaya Peningkatan Mutu Program Kerja Kepala Sd Negeri 5 Singkawang Barat Melalui Supervisi Administrasi Kepala Sekolah

Upaya Peningkatan Mutu Program Kerja Kepala Sd Negeri 5 Singkawang Barat Melalui Supervisi Administrasi Kepala Sekolah


Abstrak:

Permasalahan sekitar rendahnya mutu penyelenggaraan pendidikan di SDN Kota Singkawang selama ini pada dasarnya bermuara pada lemahnya pengelolaan, pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya peningkatan mutu penndidikan persekolahan harus lebi dititikberatkan kepada peningkatan mutu sumber daya manusia. Dalam konteks ini, Program peningkatan mutu kinerja kepala sekolah sangat relevan dan sangat strategis, mengingat fungsi dan perannya sebagai pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan di tingkat operasional.

Sebagai pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan, kinerja kepala sekolah akan memberikan dampak yang positif atau negative terhadap aspek-aspek sistemik yang terkait dengan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Asumsinya adalah bahwa mutu kinerja kepala sekolah akan berpengaruh terhadap mutu kinerja guru dan warga sekolah lainnya. Salah satu aspek penting dari mutu kinerja kepala sekolah adalah pengelolaan manjamen sekolah. Sebagai seorang manajerial, kepala sekolah dihadapkan kepada banyak tugas yang menuntut tanggung jawab yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaannya.

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD N 5 Singkawang Barat dan masalah yang diteliti adalah Mutu Program Kerja Kepala Sekolah pada bidang manajerial khususnya pada penyusunan program kerja tahunan kepaa sekolah melalui Supervisi Administrasi Kepala sekolah yang ditindaklanjuti dengan pembimbingan dan pembinaan secara langsung dan berkesinambungan.

Dalam Pelaksanaan PTS ini prosedurnya adalah mensupervisi dan menganalisa administrasi kepala sekolah, memberikan bimbingan teknis tentang analisis SWOT dan cara-cara penyusunan program kerja tahunan dan membimbing langsung pembuatan anaaisis SWOT dan penyusunan program kerja tahunan kepala sekolah.

Kata kunci : peningkatan mutu, administrasi, supervise, program kerja.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi dan sertifikasi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lainnya, dan peningkatan mutu manajemen sekolah.Namun demikian berbagai indicator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang merata. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota, menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian lainnya masih memprihatinkan.

Permasalahan sekitar rendahnya mutu penyelenggaraan pendidikan di SD Kota Singkawang selama ini pada dasarnya bermuara pada lemahnya pengelolaan, pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya peningkatan mutu pendidikan persekolahan harus lebih dititikberatkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia. Dalam konteks ini, program peningkatan mutu kinerja kepala sekolah sangat relevan dan sangat startegis, mengingat fungsi dan perannya sebagai pemimpin dan pengelola lembaga satuan pendidikan di tingkat operasional.

B. Rumusan Masalah

Apakah Supervisi Administrasi kepala Sekolah dapat Meningkatkan Mutu Program Kerja Kepala Sekolah dasar Singkawang Barat?

C. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah

Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah :

  1. Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan supervise administrasi kepala sekolah terhadap mutu program kerja kepala sekolah.
  2. Agar kepala sekolah mampu meningkatkan mutu program kerja kepala sekolah, sehingga siswa memperoleh pelayanan pendidikan seperti : pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.
  3. Memberi pengertian dan pemahaaman tentang makna dan pentingnya supervise administrasi kepala sekolah bagi kepala sekolah
  4. Memberi ketrampilan kepada kepala sekolah dalam meningkatkan profesi pelayanan pendidikan.
  5. Mengubah sikap tradisional yang merasa puas dengan apa yang ada menjadi sikap terbuka terhadap pembaharuan.

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. Dirjen PMPTK, Direktorat Tenaga Kependidikan

H.Moeftie Wiriadihardja. Pedoman Administrasi Umum, Balai Pustaka jakarta 1987.

Kumpulan Materi Peningkatan Ketrampilan Manajerial pengawas Sekolah jakarta 2004.

Permen Diknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, Jakarta, 2007.

Prof. Dr. Rusli Lutan. Supervisi Pendidikan Jasmani, depdiknas, Dirjen Dikdasmen, jakarta, 2002.

Sahertian PA. (2000). Konsep Dasar &Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bhinneka Cipta. Jakarta 2000.

Slameto. Belajardan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.2003.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8000 963

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites