Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Sabtu, 25 Juni 2011

PD 639 - Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menyusun narrative text

Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menyusun narrative text menggunakan series of pictures dengan pendekatan kontekstual (CTL) (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di MTs NU Tengguli Jepara Kelas VIII A Tahun Pelajaran 2010/2011)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan makna informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, tehnologi, dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat ketrampilan berbahasa, yakni mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).

Empat ketrampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi ataupun menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. (Depdiknas, 2004: 8) Untuk mencapai kompetensi berbahasa tersebut, Pemerintah (Departemen Pendidikan Nasional) menjawab tantangan dengan mengeluarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kedua kurikulum tersebut menekankan pada pengembangan kemampuan siswa dalam penguasaan kompetensi tertentu yang dapat direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Pada akhir pengajaran siswa diharapkan mampu menguasai sejumlah kompetensi tertentu. Kompetensi disini adalah bentuk dari pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan.

Kurikulum KBK dan KTSP menekankan kompetensi menulis siswa berdasarkan konsep 'genre' atau jenis teks. Siswa diharapkan mampu berpartisipasi dalam penciptaan teks lisan maupun tulis berjenis: procedure, narrative, descriptive, recount dan report. Konsep genre ini menggantikan konsep lama yang mempelajari teks berdasarkan tema yang di sebut 'thematic approach'. Konsep lama ini sangat membatasi kemampuan siswa dalam memahami dan menulis sebuah teks karena masih terkotak-kotak dan kurang cepat berkembang.

Kompetensi menulis (writing) siswa kelas VIII salah satunya adalah narrative text. Dalam hal ini kelas VIII A MTs NU Tengguli Jepara masih kesulitan dalam memahami dan menyusun narrative text dalam bahasa tulis serta menceritakanya dalam bahasa lisan. Berdasarkan hasil interviu, observasi dan tes dengan siswa, hal ini terjadi karena siswa kesulitan dalam menentukan pemilihan kata yang tepat (Diction) yang terjadi karena minimnya kosakata (vocabulary) yang mereka miliki. Siswa tidak mempunyai cukup ide atau kesulitan untuk mengeksplorasi ide untuk menyusun cerita dalam narrative text dan pengetahuan grammar yang mereka miliki yang berhubungan dengan tenses terutama simple past tense masih sangat minim. Siswa juga kesulitan mengidentifikasi bagian narrative text, yaitu generic structure (kerangka umum), language features (ciri-ciri kebahasaan). Selain itu, mereka juga nampak tidak mempunyai motivasi dan tertarik untuk bisa menyusun narrative text.

Situasi dan kondisi diatas membuat peneliti yang juga guru bahasa Inggris mencoba untuk menemukan cara bagaimana membuat siswa bisa memahami dan menyusun narrative text dalam bahasa tulis dan mengungkapkanya dalam bahasa lisan dengan pemahaman yang lebih mudah dan menyenangkan. Penggunaan media dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan (enjoyable learning). Media pembelajaran memiliki fungsi utama untuk meningkatkan motivasi siswa dan mengatasi rasa kebosanan siswa dalam mengikuyi suatu proses pembelajaran sertaa memperkuat pemahaman siswa dalam konteks yang nyata (Sukartiwi, 1996). Series of picture adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam KBM. Maka, dalam permasalahan ini peneliti mencoba untuk menggunakan gambar sen (series of pictures) untuk membangun ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris terutama dalam pembelajaran narrative text. Series of picture dapat membantu siswa dalam menemukan ide dan membantu siswa dalam memahami, menyusun dan bereerita dalam narrative text karna siswa akan mengetahui alur cerita dan urutan kejadian (chronological events) cerita untuk menentukan bagian konflik (complication) dan penyelesaian (resolution) yang merupakan inti narrative text melalui gambar seri tersebut.

Penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada pengajaran narative text dengan menggunakan series of picture dianggap sesuai karena CTL akan membawa siswa kedalam dunia nyata didalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat (Nurhadi, 2004: 103). Walaupun banyak sekali jenis strategi yang digunakan dalam kelas sekarang ini, peneliti tertarik untuk menggunakan CTL uotuk melakukan penelitian ini. Strategi pembelajaran ini digunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih produktif dan bermakna. Dan hasil dari pembelajaran akan lebih bermakna untuk siswa. Maka, CTL sangat tepat untuk mambantu siswa mencapai tujuan.

B. Rumusan Masalah.

Bardasarkan latar belakang diatas, peneliti memformulasikan masalah sebagai berikut: Apakah penggunaan series of pictures dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A MTs NU dalam menyusun narrative text?


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prof. 2002. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.

Bandono.2008.http://bandono.web.id/2008/03/07/menyusun-model pembelajaran­contextual-teaching-and-learning-ctl.php.

Bowen, Betty Morgan. 1994. Look Here! Visual Aid in Language Teaching. Mac Millan Publisers LTD: London.

Burn, Anne. 1999. Collaborative Action Research for English Language Teacher. United Kingdom: Cambridge University Press.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris 1& 2. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

_______ 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gerot, Linda And Peter Wignell. 1995. Making sense of functional Grammar. Australia: gerd stabler.

Hammond et al. 1992. English for special purposes: A Handbook for Teacher of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.

Hornby, A.S. 2006. Oxford Advanced Learner's Dictionary Of Current English. Oxford: Oxford University Press.

Irawati, Ratih. 2008. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk menngkatkan aktifitas dan hasil belajar pokok bahasan Koloid siswa kelas XI SAM N I Kendal. Skripsi. UNS Semarang.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Corwin Press Inc: Thousand Oaks, California.

Kasbolah, E.S.Kasihani.2001. Penelitian tindakan kelas. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Kushartati, Arijani.2008. Improving The Student's Ability In Constructing Recount Text By Using Series Of Picture In Contextual Teaching And Learning. Skripsi. Sebelas Maret University Surakarta.

Meilianan, Azizah Noor. 2008. Teaching Narrative text of the third grade machine students of SMK Wisuhuda Karya Kudus using reciprocal teaching technique in academic year 2007/2008. Skripsi. UMK Kudus.

Moleong, Lexy J. Prof. DR 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dan Penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priyana, joko, Amys R Irjayanti, dan Virga Renitasari. 2008. SCAFFOLDING. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Raimes, Ann. 1983. Techniques In Teaching Writing. Oxford University Press.

Setiawan, Otong. 2007. Genre. Bandung: Yrama Widya.

Strauss And Olaser. 1980. The Discovery of Grounded Theory. Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine Publising Company.

Soekartiwi, 1996. Rancangan Instruksional. Jakarta: PT. Raja Grafmdo Persada.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Yuliani, Marta. 2008. A Guide To Write Narrative Text. Bandung: Pakar Raya.

______, 2008. Identifying Kinds Of Genre. Bandung: Pakar Raya.

http://understandingtext.blogspot.com12008/04lbuilding-narrative-text-with.html

http://www.elraz.co.cc/english-text/text-monolog/narrative.html

http://www.whasit.blogspot.com/2009105/contoh karya -ilmiah.html

Untuk mendapatkan file skripsi lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8000 963

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites