UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PALAJARAN PENDID1KAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GENIUS LEARNING DAN
PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI IPA 8 SMA NEGERI 5 MEDAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Hasil belajar siswa ditentukan oleh
berbagai faktor, diantaranya adalah bakat, minat, sarana dan prasarana,
pendekatan mengajar, dan metode pembelajaran . Salah satu faktor penting yang
perlu mendapat perhatian adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Banyak metode maupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru, tetapi tidak
semuanya cocok digunakan dalam pembelajaran tertentu atau pokok bahasan
tertentu. Maka dari itu guru dituntut agar dapat memilih metode pembelajaran
yang tepat, sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang baik,
menyenangkan dan siswa termotivasi untuk belajar.
Berdasarkan pengalaman penulis,
siswa kelas XIIPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mengikuti proses pembelajaran
terlihat pasif, kurang termotivasi dan tidak terdapat suatu interksi dalam pembelajaran
sehingga hasil belajarnya rendah.
Dari pengalaman tersebut penulis
menyimpulkan bahwa metode pembelajaran, merupakan faktor penting yang dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Metode Genius Learning dalam proses
pembelajaran dapat membantu siswa untuk bisa mengerti kekuatan dan kelebihan
sesuai gaya belajar mereka masing-masing, karena metode ini diawali dengan
menggali dan mengerti kebutuhan anak didik. Selain itu metode Genius Learning
juga merancang suasana kelas yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan
aktivitas siswa serta membuat pembelajaran lebih melekat pada diri siswa.
Dari uraian tersebut, maka penulis
akan mencoba untuk menerapkan metode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk mengetahui apakah metode
tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka penulis mengadakan
Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: " UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATA PALAJARAN PENDID1KAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GENIUS LEARNING
DAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI IPA 8 SMA NEGERI 5 MEDAN"
Sehubungan dengan masalah yang
dikemukakan di atas, maka sebagai identifikasi masalah adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang disebabkan
oleh faktor dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa yaitu guru dalam
menggunakan metode pembelajaran.
Sebagai rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah :
1. Apakah motode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI - IPA 8 SMA Negeri 5 Medan
dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?
2. Bagaimana penerapan motode Genius Learning dan
Penemuan Terbimbing pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?
Tujuan Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI - IPA
8 SMA Negeri 5 Medan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewaganegaraan .
E.
Manfaat penelitian
Berdasarkan
tujuan penelitian tersebut maka penulis mengharapkan penelitian ini bermanfaat
sebagai berikut:
1.
Bagi Siswa:
a. Melatih siswa
untuk menemukan gagasan-gagasan baru dalam proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
b. Memupuk pribadi
siswa aktif dan kreatif
c. Memupuk rasa
tanggung jawab individu maupun kelompok
2.
Bagi Guru:
a.
Mengembangkan
kemampuan guru dalam proses belajar mengajar
b.
Memberikan
alternatif pemilihan metode pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Mengembangkan
profesionalisme dan karier untuk naik pangkat satu tingkat
3.
Bagi Sekolah:
a. Memberikan informasi tentang kemampuan guru dalam
proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
b. Memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMA Negeri 5
DAFTAR PUSTAKA
Hinoya, Sakashi. 2005. The Global Development In The 21st Century.
Yogyakarta: United Nations Development Program (UNDP)
BSNP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BSNP
Ingridwati Kurnia. 2007. Perkembangan belajar Peserta Didik.
Dirjen Dikti Departeman Pendidikan Nasional
Darhim, Arwan. 2009. Gaya Belajar. Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia
DePorter, Bobby dan Hernaccy, P. 1999.
Quantum Learning. Edisi 1. Jakarta: Kaifa
DePorter, Bobby dan Hernaccy, P. 2002.
Quantum Learning. Edisi 2. Jakarta: Kaifa
Heryani, Hasna. 2007. Pedoman Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis /
PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 085728000963
0 komentar:
Posting Komentar