ABSTRAK
…………………, 2006, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa TK dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di TK. Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)
Pembelajaran kemampuan berbahasa di TK semestinya ditekankan pada suasana pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan menyenangkan, sementara itu yang terjadi di TK tidak jarang aktivitas pembelajaran masih mengadopsi pola-pola lama pembelajaran di sekolah-sekolah dasar. Siswa cenderung pasif. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan atau peluang kepada siswa untuk lebih aktif, berminat dan menyenangkan. Cara tersebut di tempuh dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran membaca permulaan dengan media gambar secara klasikal maupun secara kelompok dan dalam proses terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan penelitian tindakan kelas, peneliti dibantu guru kelompok B dan 23 siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Sedati. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode kualitatif, pengamatan / observasi dan dibantu alat perekam berupa kamera dan handycam. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Siklus pertama di titik beratkan pada peningkatan partisipasi dan kemampuan membaca dalam permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dan siklus kedua pada peningkatan membaca. Setiap siklus terdiri atas tahapan : persiapan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan media gambar secara klasikal siswa yang pemalu cenderung pasif sehingga ketika guru memberi tugas siswa untuk mencocok kartu kata dengan gambar siswa tidak mau dan perhatian sebagian siswa kurang terfokus dalam pembelajaran ini dan kemampuan membacanya masih didominasi oleh siswa-siswa yang aktif. Dengan pembelajaran kemampuan membaca dengan media gambar secara kelompok siswa diajak untuk melakuakn permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dengan teman sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Kreativitas siswa, rasa malu siswa dapat diatasi dan kemampuan membaca siswa meningkat serta suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Untuk mendapatkan file lengkap (Ms.Word) Hubungi : 085 728 000 963
9 komentar:
terimakasih infonya,tolong kirimi katalog judul lengkap PTK TK di email yokananqu@yahoo.com,nama saya Aji Widodo di Kediri Jatim
katalog lengkap sudah terkirim via email.... beserta keterangan lengkap. terima kasih atas kujungannya
KOK TIDAK LENGKAP YA !!!!
BAGUS....
Bisa kirim PTK ini ke email saya roniradian13@gmail.com,saya dari tasikmalaya Jawabarat
terimakasih infonya,dan mohon dengan sangat untuk bisa membantu saya ptk yang lengkap sesuai judul di atas di email mohamadariefp@yahoo.com...semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan dan menambah referensi teman-teman...kami tunggu kirimannnya...terimakasih banyak
Bisa kirim PTK ini ke email saya musdalifah14@gmail.com
sy dr tegal.
mksh ditunggu...
bisa kirim ptk ke email saya untuk refrensi raudhatunisa@ymail.com,terimakasih
maaf tolong kirimi ptk ke email saya untuk referensi evi.adh@gmail.com , trimakasih
Posting Komentar