Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Sabtu, 05 Maret 2011

PTK SMP 001 Meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008 dengan menerapkan metode jigsaw

Meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008 dengan menerapkan metode jigsaw


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Hasil pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk keterampilan menulis selama ini masih rendah. Kekurangberhasilan pembelajaran menulis tersebut disebabkan oleh banyak faktor khususnya yang menyangkut siswa dan guru. Tidak sedikit para guru yang menganggap bahwa proses pembelajaran yang efektif ditandai dengan suasana kelas yang tenang. Para siswa dengan tertib duduk di kursinya masing-masing, perhatian terpusat pada guru, dan guru menjelaskan (berceramah) di depan kelas. Dalam kondisi yang demikian, siswa akan semakin tenggelam dalam kepasifan. Mereka belajar tidak lebih dari suatu rutinitas sehingga kurang tertantang terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Siswa cenderung belajar secara individual, menghafal konsep-konsep yang abstrak dan teoretik, menerima rumus-rumus atau kaidah-kaidah tanpa banyak memberikan kontribusi ide dalam proses pembelajaran.

Sinyalemen mengenai kekurangberhasilan pembelajaran menulis di atas, disebabkan oleh sistem pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk berlatih dan mengembangkan kreativitasnya. Di samping itu, dari sisi siswa sendiri juga masih terbiasa pasif. Siswa tampak kurang berminat mengikuti pelajaran. Akibatnya, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Keadaan pembelajaran yang demikian, tentu tidak dapat menopang terhadap keterampilan menulis siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diupayakan bentuk pembelajaran menulis yang lebih memberdayakan siswa, yakni pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw. Dengan upaya tersebut, diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Materi pembelajaran menulis pada siswa SMP kelas VIII dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi mencakup : menulis rangkuman dari beberapa teks bacaan yang memiliki kemiripan topik; menulis laporan, menulis surat resmi; menulis ulasan biografi; menyunting tulisan teman, menulis teks berita, menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer, menulis slogan dan poster untuk berbagai keperluan, menulis rencana kegiatan, menulis surat dinas, dan menulis petunjuk (Depdiknas, 2003: 17). Pada penelitian tindakan kelas ini, penulis membatasinya dengan memilih materi yang spesifik yakni menulis rangkuman isi buku pengetahuan populer.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah :

  1. Apakah metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008.
  2. Seberapa jauh peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008 setelah diterapkan metode jigsaw.

C. Tujuan Penelitian

  1. Tujuan Umum

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahas Indonesia di SMP N 2 Tanon Kabupaten Sragen yang ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan menulis siswa melalui metode kooperatif jigsaw.

  1. Tujuan Khusus

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :

a. Meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008 dengan menerapkan metode jigsaw.

b. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008 setelah diterapkan metode jigsaw.

D. Manfaat Penelitian

  1. Manfaat Teoretis

Mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai teori dan langkah-langkah penerapan metode kooperatif jigsaw dalam pembelajaran menulis, sehingga pada penerapan pembelajaran yang lain, hambatan-hambatan atau kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada penelitian dapat diantisipai.

  1. Manfaat Praktis

a. Manfaat bagi siswa

1) Siswa lebih menyenangi pembelajaran menulis karena materi yang diajarkan dengan metode yang bervariasi.

2) Minat menulis siswa dapat ditumbuhkan sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan menulisnya.

3) Siswa dapat menulis dengan lebih lancar karena telah banyak berlatih menguasai teknik-teknik menulis.

4) Hasil pembelajaran lebih bermakna bagi siswa karena siswa diberikan kesempatan lebih banyak praktik menulis.

b. Manfaat bagi guru

1) Guru dapat memahami metode kooperatif jigsaw dalam pembelajaran khususnya pembelajaran menulis.

2) Guru dapat menerapkan metode kooperatif jigsaw dalam pembelajaran khususnya pembelajaran menulis.


DAFTAR PUSTAKA

Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. Central Connecticut State University : The Mcgraw-Hill Companies Inc.

Badudu J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Burhan Nurgiantoro. 2005. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: PT BPFE.

Depdiknas. 2002a. Pendekatan Kontekstual (Con textual Teaching and Learning). Jakarta : Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan MTs. Jakarta.

Depdiknas. 2004e. Pengembangan Kemampuan Menyinting, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2005. Penilaian Berbasis Kelas dalam Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Kemp, Jerrold, E. 1977. Instructional Design. California: Gleron Publishers.

Khaerudin Kurniawan. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asin Tingkat Lanjut. PBS Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/khaerudinkurniawan.doc. Diakses, 22 Juni 2006.

Sarwiji Suwandi. 2004. Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Slavin, Robert. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice (second edition). Needham Heights, Massachusetts: A Simon & Schuster Company.


Untuk mendapatkan file lengkap (pdf/word) hubungi : 085 728 000 963


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites