Paksa Messenger

Kami Menyediakan Referensi, Kami Membantu, Kami Menolak PLAGIATISME

Senin, 27 Desember 2010

E-167 : Pengaruh Bahasa Iklan Ramah Lingkungan Dan Bukan Ramah Lingkungan Terhadap Minat Beli Konsumen

Pengaruh Bahasa Iklan Ramah Lingkungan Dan Bukan Ramah Lingkungan Terhadap Minat Beli Konsumen Untuk Produk Lemari Es Toshiba Di Daerah Istimewa Yogyakarta


INTISARI


Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbedaaan bahasa iklan ramah lingkungan dan bahasa iklan finasial dalam mempengaurhi sikap terhadap iklan dan minat untuk memberi produk lemari es “Thosiba” serta menguji responden dukungan dan penolakan yang diberikan terhadap produk lemari es “Thosiba”.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambil sampel dengan tujuan tertentu namun tetap representative. Sampel diambil dari daerah istimewa Yogyakarta yang berjumlah 120 responden. Data dikumpukan dengan menggunakan teknik penyebaran kusioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan analisis varians (ANOVA).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan (Sig. t = 0,019) antara bahas aiklan yang ramah lingkungan dan bahas aiklan finasial dalam mempengaruhi minat beli produk ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian tinggi terhadap lingkungan. Tidak ada perbedaaan yang signifikan (Sig. t = 0,455) antara bahasa iklan yang ramah lingkungan dan bahasa iklan financial dalam mempengaruhi sikap terhadap iklan produk ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian tinggi terhadap lingkungan. Tidak ada perbedaan (Sig. t = 0,680) yang signifikan antara bahasa iklan yang ramah lingkungan dan bahasa iklan finasial dalam bagi konsumen yang mempunyai perhatian tinggi terhadap lingkungan. Bahasa iklan yang ramah lingkungan mempengaruhi lebih tinggi minat beli dan sikap terhadap iklan produk ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian rendah terhadap lingkungan dibandingkan dengan pengaruh yang diberikan oleh bahasa iklan financial. Bahasa iklan yang ramah lingkungan memberikan responden dukungan dan respon penolakan lebih kecil dibandingkan bahasa iklan finasial bagi konsumen yang mempunyai perhatian rendah terhadap lingkungan.


DAFTAR PUSTAKA

Djayakusumah, Tams. 1982. Periklanan. Bandung : Armico
Eladi, Sutrisno. (1988). Metodologi Research. Yogyakarta : Andi Offset.
Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan Konsep dun Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid l. Jakarta.: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 1996. Dasar-dasar pemasaran. Jilid 2. New Jersey : Simon & Schuster Pte. Ltd
Melody E. Schuhwerk & Roxanne Lefkoff-Haigus. 1995. Green or Non-Green? Does Type of Appeal Matter When Advertising a Green Product?. Journal of Advertising, Volume XXIV, Number 2.
Ogilvy, David. 1987. Pengakuan Orang Iklan. Jakarta : Pustaka Tangga.
P. Guiltinan, Joseph & W. Paul, Gordon. 1987. Strategi dan Program Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Santoso, Singgih. 2000. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santoso, Singgih & Tjiptono, Fandy. 2001. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Winardi. 1992. Promosi dun Reklame. Bandung : Mandar Maju

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8000 963


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites